Rabu, 04 Desember 2013

Barometer - Evangelista Torricelli


Penemuan kepala Torricelli adalah barometer merkuri, yang berasal dari pemecahan masalah praktis. Pembuat pompa dari Grand Duke of Tuscany berusaha untuk meningkatkan air hingga ketinggian 12 meter atau lebih, tetapi menemukan bahwa 10 meter adalah batas dengan pompa hisap (seperti diceritakan dalam Galileo Dialogue). Torricelli dipekerjakan merkuri, empat belas kali lebih padat daripada air. 

Pada 1643 ia menciptakan sebuah tabung sekitar satu meter panjang, disegel di atas, mengisinya dengan merkuri, dan mengaturnya secara vertikal ke dalam baskom berisi air raksa. Kolom air raksa turun menjadi sekitar 76 cm, meninggalkan kekosongan Torricellian atas. Seperti kita ketahui sekarang, tinggi kolom berfluktuasi dengan perubahan tekanan atmosfer, ini adalah barometer pertama.  

Barometer adalah instrumen ilmiah yang digunakan dalam meteorologi untuk mengukur tekanan atmosfer. Tekanan kecenderungan dapat meramalkan perubahan jangka pendek dalam cuaca. Banyak pengukuran tekanan udara digunakan dalam analisis cuaca permukaan untuk membantu menemukan palung permukaan, sistem tekanan tinggi, dan batas-batas frontal.

Penemuan prinsip barometer telah mengabadikan ketenaran ("Torricellian tube", "Vakum Torricellian"). Torr, satu unit tekanan yang digunakan dalam pengukuran vakum, dinamai menurut namanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar