Kamis, 14 Maret 2013

Jean-Baptiste Biot, Astronom Perancis

Jean-Baptiste Biot (21 April 1774-3 February 1862) adalah seorang fisikawan Perancis, astronom, dan matematika yang mendirikan realitas meteorit, membuat penerbangan balon awal, dan mempelajari polarisasi cahaya.

Jean-Baptiste Biot lahir di Paris, Perancis pada 21 April 1774 dan meninggal di Paris pada tanggal 3 Pebruari 1862. Biot bertugas di artileri sebelum ia diangkat guru besar matematika di Beauvais pada 1797. Dia kemudian melanjutkan untuk menjadi profesor fisika di College de France sekitar 1800, dan tiga tahun kemudian terpilih sebagai anggota Academy of Sciences. Pada 1804 Biot berada di papan untuk naik ilmiah pertama balon udara panas dengan Gay-Lussac (NNDB 2009, O'Connor dan Robertson 1997). Mereka mencapai ketinggian 7016 meter (23.000 kaki), cukup berbahaya tanpa oksigen pada papan. Biot juga anggota dari Legiun Kehormatan, ia terpilih chevalier tahun 1814 dan komandan pada tahun 1849. Pada 1816, ia terpilih sebagai anggota asing dari Royal Swedish Academy of Sciences. Selain itu, Biot menerima Medali Rumford, diberikan oleh Royal Society di bidang sifat termal atau optik materi, pada tahun 1840 (O'Connor dan Robertson 1997).

Jean-Baptiste Biot memiliki anak tunggal, Edouard Biot Constant, seorang insinyur dan ahli kebudayaan Cina, lahir pada tahun 1803. Edouard meninggal pada 1850 dan itu hanya berkat upaya yang luar biasa dari ayahnya bahwa paruh kedua buku terakhir Edouard, klasik Cina Tcheou-li, yang disiapkan untuk publikasi. Itu telah ditinggalkan dalam naskah, yang belum selesai. Untuk mempublikasikannya dalam bentuk yang benar, Jean-Baptiste Biot menulis, ia harus berkonsultasi dengan Stanislas Julien, para ahli kebudayaan Cina yang terkenal, tetapi juga, terutama untuk terjemahan bagian yang paling sulit, Kaogongji, ia sendiri harus mengunjungi banyak lokakarya dan mempertanyakan seniman dan pengrajin tentang metode mereka dan kosa kata untuk memverifikasi pekerjaan anaknya. Sampai hari ini, terjemahan Biot ini tetap satu-satunya terjemahan ke dalam bahasa Barat buku ini.

sumber: en.wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar